Ganjar Pemimpin yang Sangat Dekat dengan Dunia Pesantren

Haris Pertama selaku juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud menegaskan bahwa Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang sangat dekat dengan dunia pesantren. Ini dapat dilihat dari seringnya Ganjar berkunjung ke pondok-pondok pesantren. Ganjar juga sangat dekat dengan para kiai, terutama yang ada di Jawa Tengah (Jateng).

‘’Saat berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Huda di Bekasi tanggal 14 Desember 2023 lalu, Pak Ganjar berjanji akan berikhtiar untuk mewujudkan kesejahteraan para santri dan para pengajar pondok pesantren,’’ kata Haris dalam keterangan resminya, Kamis (4/1/2024).

Bahkan komitmen tersebut telah dituangkan dalam Piagam Perjuangan yang ditandatangani oleh Ganjar, yang berisikan komitmen pasangan Ganjar – Mahfud MD akan memperjuangkan anggaran untuk kesejahteraan santri dan para pengajar pondok pesantren serta membuka jalan untuk para santri dalam mewujudkan tridarma bagi pesantren.

‘’Kami sangat bersyukur dengan keberpihakan yang konkret dari Pak Ganjar – Mahfud MD kepada santri dan pesantren,’’ ujar Haris.

Haris menjelaskan, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD bertekad untuk memajukan pondok pesantren beserta para santri yang ada di seluruh Indonesia. Memajukan dan meningkatkan kesejahteraan untuk pondok pesantren dan para santri, menjadi salah satu hal yang utama dalam visi – misi dan program brilian pasangan Ganjar – Mahfud MD.

‘’Komitmen Pak Ganjar – Mahfud MD utamanya adalah agar pondok pesantren kita di seluruh Indonesia ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Kualitas pendidikan dan lulusan dari pondok pesantren kita harus bisa bersaing dengan jalur pendidikan lain yang setara,’’ jelas Haris.

Bahkan bila perlu, lanjut Haris, para lulusan dari pondok pesantren tersebut harus jauh lebih berkualitas. Karenanya, program brilian pasangan Ganjar – Mahfud MD akan memberikan solusi holistik yang tidak hanya akan menyasar para santri dari pondok pesantren semata, namun juga ekosistem pendukung lainnya, seperti guru ngaji hingga marbot masjid.

‘’Untuk para santri, Pak Ganjar – Mahfud MD akan menyediakan beasiswa hingga program khusus untuk meningkatkan keterampilan yang nantinya membuka pintu karir dan kerja seluas-luasnya bagi lulusan pondok pesantren,’’ ungkap Haris.

Termasuk pemberian permodalan khusus serta pembukaan akses teknologi dan wawasan yang lebih luas untuk santripreneur. Hal ini juga akan dirancang oleh pasangan Ganjar – Mahfud MD untuk membantu para santri agar bisa membuka usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat yang lebih luas.

Tidak hanya itu, pengajar pondok pesantren serta ekosistem pendukung dunia pesantren seperti guru ngaji (beserta guru agama lainnya) hingga pengurus masjid juga akan ditingkatkan kesejahteraannya melalui sistem gaji yang layak dan asuransi kesehatan.

‘’Semua program ini bertujuan untuk menghilangkan pandangan bahwa lulusan pondok pesantren tidak bonafide seperti lulusan jalur pendidikan lainnya,’’ ucap Haris.

Sebab, pondok pesantren akan mencetak lulusan yang tidak hanya pintar akalnya tapi juga unggul akhlaknya. Dan pastinya, mereka sangat siap untuk menerima tantangan dari dunia kerja.

Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, yang memiliki tradisi pesantren yang kaya dan panjang. Pondok pesantren telah menjadi lembaga pendidikan dan pembentukan karakter yang tidak ternilai harganya. Karena di pondok pesantren, para santri bukan hanya belajar agama, tetapi juga nilai-nilai kejujuran, disiplin, solidaritas, dan rasa tanggung jawab. Semua nilai-nilai itu merupakan fondasi yang kuat dalam membangun masyarakat yang maju dan sejahtera.(*)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts