Ganjar Janji Hapus Utang Macet Seluruh Nelayan di Indonesia

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berjanji akan menghapus utang macet seluruh nelayan di Indonesia dengan total mencapai sekitar Rp186 miliar. Angka tersebut tidak terlalu besar untuk ukuran anggaran pemerintah pusat.

‘’Makanya, penghapusan utang macet para nelayan ini bukan hanya menjadi solusi konkret yang praktis, tapi juga realistis,’’ kata Haris Pertama selaku juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud dalam keterangan resminya, Rabu (3/1/2024).

Haris menjelaskan, solusi Sat Set inilah yang akan diterapkan oleh Ganjar Pranowo. Utang kredit macet para nelayan ini akan dihapuskan untuk meringankan beban pikiran dan kesulitan mereka.

‘’Saat ini ada sekitar 1,3 juta penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan. Dari jumlah itu, banyak yang masih hidup dalam kemiskinan. Para nelayan kita menghadapi banyak kesulitan, apalagi di tengah perubahan iklim yang membuat hasil tangkapan mereka semakin tidak pasti. Semua kesulitan ini diperparah oleh lilitan utang mereka untuk modal melaut,’’ jelas Haris.

Haris mengungkapkan, mekanisme kredit untuk nelayan pun pasti akan diperbaiki, agar tidak kembali menjerat para nelayan dengan utang yang menyulitkan. Harapannya, dengan diangkatnya beban utang ini, para nelayan Indonesia akan bisa kembali melihat masa depan yang cerah, dan mereka bisa kembali produktif serta bekerja dengan semangat.

Lebih lanjut Haris memaparkan bahwa langkah konkret yang akan dilakukan oleh pasangan Ganjar – Mahfud MD di sektor perikanan adalah mendongkrak produksi perikanan budidaya, membangun industri pengolahan hasil perikanan, memeratakan sentra-sentra perikanan, dan memperbaiki regulasi.

Di samping itu, pasangan Ganjar – Mahfud MD juga berkomitmen untuk memberikan beragam insentif dan stimulus kepada para nelayan. Bantuan ini terintegrasi dengan program KTP SAKTI yang tujuannya agar pendataan bantuan para nelayan menjadi lebih jelas, terarah, dan tepat sasaran.

‘’Hari ini, Rabu (3/1/2024), Pak Ganjar akan mengangkat kembali program pemutihan utang nelayan. Pak Ganjar – Mahfud MD memang berkomitmen kuat untuk membebaskan nelayan dari jerat utang. Dan sesuai visi misi beliau, memang terdapat program ‘’Petani, Peternak, dan Nelayan Sejahtera’’. Dalam program ini, Pak Ganjar – Mahfud MD akan meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan kesejahteraan peternak disertai dengan kebijakan perdagangan yang pro produksi dalam negeri,’’ papar Haris.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts