Transformasi Global, DPP KNPI Bentuk Badan Perwakilan di Amerika

Komitmen Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk bertransformasi global dari organisasi nasional menjadi entitas internasional, benar-benar telah terwujud.

‘’Keputusan ini diambil langsung Ketua Umum KNPI, Haris Pertama, untuk beradaptasi dengan perkembangan landscap keterlibatan pemuda Indonesia di seluruh dunia,” kata Ketua Bidang DPP KNPI, Rahman Key, di Jakarta, Senin malam (13/11/2023).

Adapun Badan Perwakilan KNPI yang kini dibentuk adalah di United States of America (BP KNPI USA). Pendirian BP KNPI USA, kata Rahman, merupakan langkah strategis untuk memberikan dukungan, perwakilan dan rasa kebersamaan bagi pemuda Indonesia di Amerika Serikat.

‘’Pengembangan dari organisasi pemuda nasional menjadi entitas internasional ini tujuan utamanya agar lebih baik dalam mengatasi kebutuhan pemuda Indonesia di tingkat global,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) KNPI, Haris Pertama mengatakan, penyebaran yang semakin luas dari pemuda Indonesia di seluruh dunia, mendorong KNPI untuk memperluas jangkauannya.

‘’Memastikan itu sebagai sebuah organisasi KNPI, harus tetap menjadi kekuatan pengarah bagi pemuda tanpa memandang batas geografis,’’ kata Haris.

Haris menyebutkan visi pembentukan perwakilan di negara-negara dengan populasi pemuda Indonesia yang signifikan ini, bertujuan agar terbinanya hubungan yang lebih kuat antara diaspora dan akar budayanya.

‘’Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri terus mengalami peningkatan. Terutama di Amerika Serikat, menjadi salah satu destinasi favorit. Untuk itu, perlu wadah organisasi internasional dalam menghimpun komunitas diaspora ini, secara aktif berkontribusi pada pertukaran budaya, keunggulan akademis dan menjadi bagian penting dari jaringan Indonesia global,’’ ujar Haris yang kini dipercaya sebagai Juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud.

Ketum Haris menyebutkan, DPP KNPI telah membentuk lima Badan Perwakilan KNPI di luar negeri, di antaranya; Malaysia, Turki, Jerman, Rusia dan Amerika Serikat.

‘’Sejauh ini, Pemuda Indonesia terus mengukir prestasi di tingkat internasional. Oleh karena itu, DPP KNPI percaya bahwa pendirian perwakilan di negara-negara kunci akan memfasilitasi komunikasi, dukungan dan kerja sama yang lebih baik, memastikan bahwa diaspora tetap terhubung dengan perkembangan dan tantangan yang dihadapi pemuda di Indonesia,’’ ungkapnya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts