Survei Litbang Kompas: Ganjar Sebagai Pemenang Debat Capres

Sudah semakin banyak media dan lembaga survei yang memberitakan dan menyajikan data tentang hebatnya penampilan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo pada debat capres yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta pada Minggu malam (7/1/2024).

Bahkan, dalam survei yang dilakukan langsung oleh Litbang Kompas pasca debat, Ganjar ditempatkan sebagai pemenang debat. Setidaknya sebanyak 79,7% responden mengaku puas atas penampilan Ganjar. Bandingkan dengan capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan yang angkanya 71,4%, apalagi capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang cuma dapat nilai 48,9%.

‘’Kita semua harus mengakui betapa Pak Ganjar tampil sangat memukau, juga tetap tenang, dan santai namun jelas dan detail dalam menjelaskan visi misi, merespon, juga saat menjawab pertanyaan capres lain. Saking Pak Ganjar menguasainya permainan, kita pun bisa melihat bagaimana Prabowo dan Anies terlihat kewalahan dan mati kutu malam itu,’’ kata Haris Pertama selaku juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud dalam keterangan resminya, Selasa (9/1/2024).

Haris mengakui, terlihat sekali bila Ganjar sangat menguasai substansi debat, serta bisa menyampaikan visi misi dan program-programnya dengan sangat baik. Dan hal ini sangat kontras dengan Prabowo dan Anies yang malah saling berseteru seperti anak-anak kecil. ‘’Pokoknya Pak Ganjar Top Gan dech,’’ ucap Haris.

Haris menyebutkan salah satu kunci kemenangan Ganjar saat beberapa pandangannya isetujui dan didukung penuh oleh Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Choirul Umam menilai Ganjar tampil secara cerdas, Anies ofensif dan bernas, sementara Prabowo defensif dan kurang elaboratif.

Sedangkan Pengamat Politik Airlangga, Pribadi Kusman menilai Ganjar sudah menunjukkan performa terbaik dibandingkan capres lainnya. Ganjar pun diberi nilai 8,5 sementara Anies 7,5 dan Prabowo cuma 4,5.

‘’Maka, sudah jelas berdasarkan berbagai penilaian yang objektif, Pak Ganjar adalah pemenang utama dari debat capres yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu malam itu. Dan kami pun sangat bangga dan senang atas kemenangan Pak Ganjar dalam debat capres tersebut,’’ ungkap Haris.(*)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts