Keberlanjutan Pembangunan dan Perbaikan Papua Jadi Perhatian Khusus Ganjar Mahfud

JAKARTA – Keberlanjutan pembangunan dan perbaikan Papua akan menjadi perhatian khusus pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Pasalnya, sejak pertemuan Capres Ganjar Pranowo dengan masyarakat dan kepala adat di Papua, semangat mereka sama yaitu ingin sama-sama segera memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di Papua.

Juru bicara (Jubir) Tim Pemenagan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud, Haris Pertama menjelaskan Capres Ganjar menyadari bahwa tanah Papua melahirkan banyak anak cerdas yang tak lama lagi akan menjadi manusia-manusia berkualitas dunia sebagai sumber daya manusia (SDM) masa depan.

‘’Papua memang harus terus dibangun, baik itu pembangunan infrastrukturnya, memperbanyak sekolah-sekolah dan pendidikannya, perbaikan ekonominya, sampai peningkatan olahraganya. Di mana, salah satunya adalah gagasan untuk membuat sekolah sepak bola bertaraf internasional,’’ jelas Haris dalam keterangan resminya, di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Menurut Haris, sarana dan fasilitas pendidikan di Papua memang musti lebih digenjot lagi. ‘’Pokoknya, pembangunan di Papua harus lanjut, perbaikan-perbaikan juga terus dilanjut. Dengan semangat sat set! Pak Ganjar akan mempercepat pembangunan dan perbaikan di Papua,’’ kata Haris.

Haris mengungkapkan, sebagai pemimpin yang menjunjung tinggi keadilan sosial, pasangan calon yang diusung oleh PDIP, PPP, Perindo dan Partai Hanura ini menaruh perhatian khusus pada kesenjangan pembangunan yang terjadi di berbagai wilayah di Nusantara, khususnya di Papua.

Untuk mempercepat pemerataan ekonomi, lanjut Haris, Paslon Ganjar – Mahfud memiliki beberapa program yang dirancang khusus untuk rakyat Papua, mulai dari penerapan kebijakan fiskal dan pembangunan asimetris, investasi infrastruktur, insentif pajak, pembentukan pusat-pusat riset kelautan tropis, hingga pembangunan sekolah bola.

‘’Komitmen Pak Ganjar disambut baik oleh tetua-tetua adat Papua. Mereka yakin Pak Ganjar mampu meningkatkan kualitas SDM rakyat Papua dan mengelola pembangunan serta menyelesaikan permasalahan yang ada di Bumi Cendrawasih,’’ ungkap Haris.

Di samping itu, Paslon Ganjar – Mahfud juga akan melakukan reformasi hukum sektor agraria dan sumber daya alam (SDA). ‘’Juga pendekatan khusus pencegahan korupsi dan degradasi SDA di Papua, terutama pada provinsi yang baru dimekarkan,’’ ucap Haris.

Sementara itu, saat kunjungan Capres Ganjar Pranowo di Papua, pada Minggu (19/11/2023), disambut antusias ribuan masyarakat ketika tiba di Bandara Domine Eduard Osok di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kedatangan Capres Ganjar disambut dengan adat oleh tokoh dan masyarakat. Dengan diringi tarian penyambutan oleh anak-anak muda disertai seni Suling Tambur, Ganjar disematkan mahkota khas Papua. Mahkota ini sebagai simbol penyatuan pemikiran yang sama dengan masyarakat.

Ganjar juga diberikan kalung sebagai simbol perekat persaudaran. Ganjar juga melakukan prosesi injak piring sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang dianggap spesial.

Bahkan, kedatangan Ganjar itu menjadi pusat perhatian, di mana masyarakat Papua berkumpul untuk menyambutnya. Tak hanya itu, masyarakat dan relawannya turut meneriakkan Ganjar Presiden 2024. ‘’Pak Ganjar, Pak Ganjar. Ganjar Presiden, Ganjar Presiden,’’ teriak ribuan warga. ‘’Terima kasih, terima kasih,’’ ucap Ganjar sembari tersenyum.

Sejumlah warga di Sorong antusias meminta berswafoto dengan Ganjar. Ganjar dengan ramahnya menerima permintaan tersebut.

Sebelum ke Sorong, Capres Ganjar telah melakukan kunjungan ke Manokwari. Di sana, kedatangan Ganjar juga disambut baik dan antusias masyarakat. Ganjar melakukan interaksi dengan masyarakat hingga menyerap aspirasi masyarakat.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts