Pembentukan BP KNPI USA: Peran Pemuda dalam Membangun Indonesia Emas 2045

AMERIKA – Pembentukan Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia di United States of America (BP KNPI USA), bukanlah semata-mata sebagai formalitas organisasional, tetapi merupakan refleksi dari pengakuan akan fungsi krusial pemuda, terutama Gen-Z dalam pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

‘’Kami meyakini bahwa pengkategorian pemuda dalam milenial, Gen-Z, atau baby boomer adalah dikotomi yang seharusnya tidak kita biarkan terus berlanjut, karena mereka semua berasal dari golongan yang sama: Pemuda Indonesia,’’ kata Ketua Badan Perwakilan KNPI USA, Firsta Satia Utomo didampingi Pembina, Bacho Z Haidir, dalam siaran pers, Selasa (14/11/2023).

‘’Kita telah melewati 25 tahun sejak runtuhnya orde baru dan memulai orde reformasi yang mencoba menjadi landasan perubahan bagi bangsa Indonesia untuk meneruskan cita-cita luhur kemerdekaan, namun pada perjalanannya kita kerap kembali terjebak dalam mental tradisi politik orde baru yang mementingkan sekelompok kroni-kroni dan melupakan kepentingan rakyat,’’ sambung Firsta.

Firsta menyebut bahwa pemuda kerap diintimidasi, di-bodoh-bodohi dengan berbagai slogan para buzzer, ditinggalkan dalam upaya membangun bangsa, dan dipecah-belah dengan identitas statistik polling & marketing dengan istilah-istilah Gen-X, Gen-Z, milenial, dsb.

Para politisi karbitan kian hari kian lupa bahwa pemuda tidak boleh dipecah-pecahkan, tetapi pemuda harus disatukan dalam garda terdepan bangsa, satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, dan satu cita.

Firsta menjelaskan, dalam menyonsong ide-ide besar kebangkitan ekonomi 100 tahun Indonesia di tahun 2045, Pemuda harus kembali menjadi garda terdepan, kembali diminta berkorban dan menjadi pahlawan untuk bangsanya, di belahan bumi manapun mereka berada.

Pemuda Indonesia harus melakukan pengabdian tanpa henti untuk kemajuan bangsa, karena tanpa kepeloporan pemuda bangsa ini kehilangan semangat kemajuan dan revolusi kebangsaan dari mental-mental terjajah.

Peran Gen-Z dalam Keberlanjutan Pembangunan Indonesia

Firsta menjelaskan data dan fakta menunjukkan bahwa Gen-Z saat ini memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan negara. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Gen-Z di Indonesia mencapai lebih dari 40 juta pada tahun 2023. Mereka adalah generasi yang tumbuh di tengah era teknologi, informasi, dan tantangan global yang kompleks.

Oleh karena itu, mereka membawa energi dan ide-ide segar yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Gen-Z juga memiliki tingkat keaktifan sosial yang tinggi. Berdasarkan data Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), lebih dari 60% pemuda Indonesia terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Mereka terlibat dalam aksi-aksi nyata untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat.

Peran BP KNPI USA dalam Menggalang Kekuatan Gen-Z

BP KNPI USA hadir bukan hanya sebagai wadah formal, tetapi sebagai pelopor untuk menggalang kekuatan dan ide-ide segar Gen-Z di Amerika Serikat.

‘’Melalui platform ini, kami berkomitmen untuk membangun jaringan, memfasilitasi kolaborasi, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan bagi para pemuda Indonesia di luar negeri. Kami percaya bahwa kolaborasi antar-generasi, tanpa memandang kategorisasi, adalah kunci keberlanjutan pembangunan,’’ kata Firsta.

Karenanya, BP KNPI USA akan menjadi wahana untuk menyatukan pemuda dari berbagai latar belakang, menggali potensi mereka, dan mendorong kontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia.

Mendukung Indonesia Emas 2045

Saat ini, Indonesia sedang berjuang untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Gen-Z memiliki peran sentral dalam mewujudkan visi ini melalui ide-ide inovatif, keberanian

beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan semangat untuk berkontribusi dalam skala global.

‘’BP KNPI USA akan menjadi mitra yang tangguh dalam mendukung pemuda Indonesia di Amerika Serikat dalam menjalani peran krusial mereka dalam pembangunan

Indonesia. Jadi, mari kita bersama-sama merayakan semangat patriotisme dan cinta tanah air yang menjadi landasan perjuangan pemuda Indonesia di masa lalu,’’ ungkap Firsta.

Firsta mengatakan, BP KNPI USA hadir untuk melanjutkan warisan perjuangan ini, membangun jembatan antargenerasi, dan membawa Indonesia ke arah masa depan yang gemilang.

‘’Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia Emas 2045,

di mana peran pemuda, terutama Gen-Z, menjadi pilar utama dalam merajut masa depan bangsa,’’ kata Firsta.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts