Hanya Ganjar-Mahfud yang Punya Program 10 juta hunian impian

JAKARTA – Program 10 juta hunian impian ‘’Punya Rumah Semudah Punya Motor’’ salah satu program andalan Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Prof Mahfud MD.

Program ini memfasilitasi pembangunan hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa, disertai ketersediaan lahan yang strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

‘’Langkah implementasi yang akan dilakukan Pak Ganjar – Mahfud MD adalah menyediakan fasilitas untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh dan anak muda dengan skema pembiayaan yang mudah dan murah, di antaranya dengan bantuan uang muka; perbaikan tata kelola hunian disertai ketersediaan lahan yang terjangkau, strategis dan terintegrasi dengan pusat perekonomian dan transportasi umum,’’ kata Haris Pertama selaku juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud dalam keterangan resminya, Senin (15/1/2024).

Haris menjelaskan, program ‘’Punya Rumah Semudah Punya Motor’’ ini untuk menjawab rasa kekhawatiran tidak akan sanggup memiliki tempat tinggal untuk keluarga dan hari tua bagi para milenial yang sudah mulai membangun keluarga dan juga para pekerja sektor informal.

Sebagian besar mereka tersandung urusan syarat administrasi dan kesulitan membayar DP. Apalagi saat ini, ada sekitar 15,9 juta keluarga yang belum mempunyai tempat tinggal layak huni. Dan angka ini terus bertambah setiap tahunnya bila masalah backlog hunian tidak terselesaikan.

‘’Menangkap aspirasi dan keresahan ini, itu sebabnya Pak Ganjar – Prof Mahfud MD hadir dengan program ‘’Punya Rumah Semudah Punya Motor’’ dengan target membangun 10 juta hunian baru, yang tidak hanya layak huni dan berlokasi strategis, tapi juga terjangkau khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, dan kaum millennial,’’ jelas Haris.

Haris mengungkapkan melalui program ini, selain memastikan adanya pasokan rumah untuk dihuni (misalnya membangun apartemen, rusunawa, rumah sederhana, dsb), Ganjar – Mahfud MD juga merumuskan beberapa skema pembiayaan, seperti; bantuan uang muka hingga 30%; subsidi suku bunga tetap menjadi 5% selama 10 tahun.

Selain itu, program beli tanah dapat rumah untuk masyakarat berpenghasilan rendah; Insentif pajak untuk kantor yang memfasilitasi WFH; menjamin peningkatan investasi transportasi publik dan pembangunan 4T terintegrasi.

Lebih lanjut Haris membeberkan tujuan semua program yang sudah terperinci ini adalah supaya bantuan dan skema pembiayaan untuk kepemilikan hunian tidak hanya dinikmati oleh kelompok pekerja formal saja, tapi bisa juga dinikmati oleh kelompok pekerja informal yang sekarang ini jumlahnya semakin banyak seiring semakin fleksibelnya dunia kerja masa kini.

‘’Nantinya, bantuan tidak hanya di masa pembayaran DP, tapi akan berlanjut di periode angsuran bulanan. Mereka yang baru akan membangun fisik hunian, bakal mendapatkan insentif juga. Jadi, saya mengajak kepada seluruh rakyat terutama para milenial untuk kompak dan solid mendukung, memilih dan memenangkan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo – Prof Mahfud MD pada Pilpres 14 Februari 2024. Karena dengan Ganjar – Mahfud MD menang, maka kita punya rumah bakal semudah punya motor,’’ beber Haris.(*)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts