Capres Ganjar Gagas Gaji Guru dan Dosen Setara dengan Negara Maju

JAKARTA – Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan menggagas gaji guru dan dosen di Indonesia akan setara dengan negara maju. Gagasan tersebut akan dilakukan Ganjar Pranowo jika nanti benar-benar terpilih menjadi Presiden Indonesia periode 2024 – 2029.

Ganjar Pranowo meyakini bila hal itu akan bisa diwujudkan bersama Mahfud MD. ‘’Kita tahu kalau gaji guru dan dosen di Indonesia itu masih sangat memprihatinkan, masih sangat jauh dari kata sejahtera,’’ kata Ganjar Pranowo di sebuah acara belum lama ini.

Gagasan gaji guru dan dosen akan setara dengan negara maju itu dibenarkan pula oleh juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud, Haris Pertama. Menurut Haris, gagasan tersebut merupakan terobosan untuk memberikan apresiasi kepada profesi guru dan dosen agar bisa hidup layak dan sejahtera.

‘’Bicara soal pembangunan sumber daya manusia, maka kita bicara soal pendidikan. Orang yang ada di pendidikan harus disejahterakan, guru dan dosen harus disetarakan gajinya dengan gaji guru dan dosen di negara-negara maju,’’ kata Haris dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Haris menyinggung 10 lulusan terbaik dari kampus di Indonesia malah enggan menjadi tenaga pengajar. Haris pun membandingkan gaji guru dan dosen dengan pegawai yang bekerja di sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki ketimpangan.

Sehingga menurut Haris, mereka lebih memilih untuk bekerja di BUMN atau perusahaan swasta besar lantaran mendapatkan gaji yang lebih besar ketimbang menjadi guru dan dosen.

‘’Saya tidak yakin, apakah 10 lulusan terbaik dari perguruan tinggi kita mau menjadi dosen, mau menjadi guru, saya tidak yakin. Pasti maunya kerja di BUMN, betul enggak? Perusahaan swasta besar, betul enggak?,’’ ungkap Haris.

Namun, Haris menyebut jika Indonesia ingin menjadi negara unggul dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, maka hal itu harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan guru dan dosen serta kualitas pendidikan.

Apabila gagasan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD untuk meningkatkan pendapatan guru dan dosen selayaknya gaji para guru dan dosen di negara maju, maka Haris percaya Indonesia akan menjadi negara yang sangat besar.

‘’Insya Allah gaji guru dan dosen akan setara dengan negara maju itu bisa direalisasikan oleh pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3, yakni Pak Ganjar dan Pak Mahfud,’’ ungkapnya.

Haris menekankan bahwa pendapatan guru dan dosen memang harus meningkat dan sejahtera. Dan hal itu bisa dilakukan melalui penyempurnaan sertifikasi guru dan dosen secara lebih sederhana.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts